Anggaran Pendidikan 2021 Capai Rp549,5 Triliun, Ini Tujuh Program Prioritas Nadiem Makarim

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah telah menetapkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2021 untuk sektor pendidikan sebesar Rp549,5 triliun. Besaran Anggaran tersebut sebesar 20% dari APBN 2021.

Anggaran tersebut akan difokuskan untuk untuk beberapa hal, beberapa diantaranya meningkatkan kualitas SDM dan kemampuan adaptasi teknologi, serta, peningkatan produktivitas melalui pengetahuan ekonomi di era industri 4.0.

“Pemerintah akan melakukan reformasi pendidikan melalui transformasi kepemimpinan kepala sekolah, transformasi pendidikan dan pelatihan guru, mengajar sesuai tingkat kemampuan siswa, standar penilaian global. Serta kemitraan daerah dan masyarakat sipil,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dalam Pidato Penyampaian RUU APBN 2021 Beserta Nota Keuangannya di Rapat Paripurna DPR di Jakarta, seperti ditulis Senin (17/8/2020).

Jokowi menambahkan, Pemerintah juga akan melakukan kebijakan lainnya di bidang pendidikan melalui penguatan program vokasi dan kartu prakerja, serta penguatan penyelenggaraan PAUD, peningkatan efektivitas penyaluran bantuan pendidikan (BOS, PIP, dan LPDP).

“Selain itu percepatan peningkatan kualitas sarpras pendidikan terutama untuk daerah 3T(Tertinggal, Terdepan, dan Terluar), serta penajaman KIP Kuliah dan pendanaan pendidikan tinggi,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Jokowi, Pemerintah juga sedang membangun teknologi komunikasi dan informasi (ICT) di 2021 dengan anggaran Rp30,5 triliun termasuk melalui TKDD.

“Hal ini difokuskan untuk mengaselerasi transformasi digital untuk penyelenggaraan pemerintahan,” imbuhnya.

Komentar

Loading...