Cerita Napi Narkoba… Ditangkap saat Kuliah, Ingin Perbaiki Nama Keluarga Jika Bebas

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dari balik jeruji besi, ada sejuta cerita yang disampaikan oleh beberapa warga binaan dari Rutan Kelas 1 Makassar.

Masih dalam suasana HUT RI ke-75 ini, warga binaan tetap merayakan hari kemerdekaan, dari balik jeruji besi yang dicat dengan warna merah putih.

Salah satunya Akram, 26 tahun. Seorang warga binaan yang menjalani masa hukuman selama enam tahun atas kasus narkoba yang melilitnya pada Februari 2019 lalu.

Pada hari spesial bagi rakyat Indonesia ini, tak ada yang berbeda dengan raut wajah Akram saat ditemui awak media.

Ekspresinya datar. Meski di sekelilingnya banyak warga binaan lain yang menemani pada setiap kesehariannya di dalam rutan.

Warga Jalan Cendrawasih ini menceritakan dunia luarnya sebelum dia ditangkap polisi, hingga dijebloskan ke penjara atas tindakan terlarangnya itu.

“Saya dulu ditangkap di Jalan Dahlia oleh polisi pada Februari 2019 lalu, saat saya masih kuliah semester lima di salah satu PTS di Makassar,” kata Akram, Senin (18/8/2020).

Berbagai proses hukum telah dia jalani. Mulai dari penyidikan Sat Reskrim Polrestabes Makassar, hingga saat ini dia ditahan di dalam rutan.

Akram mesti tabah menjalani putusan hakim yang memvonis dirinya penjara selama enam tahun, atas kasus narkoba. Akram baru sadar, selama ini dia berada di pergaulan yang salah.

Komentar

Loading...