Gantikan Petugas Medis, Robot Antar Obat dan Makanan Pasien Covid-19

Robot membantu pekerjaan tim medis dalam penanganan pasien Covid-19 (Istimewa)

Robot membantu pekerjaan tim medis dalam penanganan pasien Covid-19 (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Petugas medis merupakan garda terdepan dalam penanganan pandemi Covid-19. Mereka merupakan kelompok yang bisa dibilang paling berisiko karena kontak langsung dengan pasien Covid-19.

Di Indonesia dan bahkan dunia, sejumlah dokter maupun petugas medis terpapar virus Korona dan tak sedikit yang gugur dalam tugas akibat Covid-19.

Kekhawatiran akan keselamatan petugas medis dan dokter menjadi perhatian bersama. Sejumlah pihak turut andil dalam mengatasinya, terutama menemukan teknologi untuk meminimalkan kontak langsung antara petugas medis dengan pasien Covid-19. Dalam artian, mengurangi intesitas pertemuan antara petugas medis dan pasien Covid-19.

Salah satu yang turut peduli adalah perusahaan teknologi kamera surveilans Ezviz. Mereka turut berpartisipasi menghadirkan solusi melalui keahlian dan pengalamannya di industri kamera pengawas dan perangkat rumah pintar.

Di Vietnam misalnya, Ezviz berkontribusi meminimalkan penularan Covid-19 dengan menghadirkan robot pintar.

Howard Yoeng, Country Manager Ezviz Indonesia mengemukakan bahwa Ezviz di Vietnam bersama dengan sekelompok ilmuwan dari Akademi Teknologi Militer Vietnam memasang sistem pengawasan dengan kamera C3W di rumah sakit dan mengaplikasikan perangkat kamera C6N Wifi pada robot yang disebut Vibot.

Robot yang disematkan kamera surveilans Ezviz berfungsi untuk membantu pengiriman obat dan makanan.

Hal ini membantu dalam membatasi kontak fisik dan menjaga jarak aman antara petugas medis dengan pasien sehingga mengurangi potensi tertular virus.

Komentar

Loading...