Haluan.co Hadirkan Inovasi Baru untuk Tangkal Berita Hoaks

CEO Haluan.co, Brian Putra Bastara, dikutip dari Harian Haluan, Senin (10/8).

FAJAR.CO.ID, JAKARTA—Menjamurnya berita hoaks, disinformasi, misleading dan lainnya yang tersebar secara bebas melalui media sosial dan platform perpesanan menjadi tantangan besar bagi dunia jurnalisme Indonesia.

Haluan.co, sebuah media online yang berangkat dari koran lokal tertua di Sumatra Barat, menghadirkan inovasi baru untuk menjawab tantangan disrupsi digital tersebut.

Haluan akan menerapkan genre explanatory journalism, dimana genre ini belum banyak digunakan oleh media arus utama di Indonesia yang sebagian masih mengutamakan kecepatan dibandingkan akurasi.

Wujud dari penerapan genre ini adalah hadirnya dua produk berita digital, yakni Haluan Overview dan Haluan Explains yang menawarkan format berita pointer dan memiliki konteks untuk mencegah disinformasi terjadi.

“Kalau kita membaca media sosial banyak sekali pemberitaan yang dipelintir sehingga informasi menjadi bias, Haluan menawarkan pendekatan baru dengan membuat berita pointer dengan konteks sehingga tidak menyesatkan,” kata CEO Haluan.co, Brian Putra Bastara, dikutip dari Harian Haluan, Senin (10/8).

Produk berita Haluan Overview merupakan berita dengan ulasan suatu peristiwa atau fenomena dengan data sekunder disertai infografis. Pokok dari produk ini adalah menjelaskan duduk perkara suatu peristiwa sehingga bisa dipahami secara utuh oleh pembaca.

Sedangkan Haluan Explains menggunakan format video untuk menjelaskan suatu peristiwa dengan memberikan konteks yang tepat. Riset dan pengemasan visual yang apik jadi keunggulan produk ini.

Menurut Brian, inovasi terbaru Haluan tersebut selain untuk menjawab tantangan disrupsi digital, juga untuk mengedukasi masyarakat tentang hak mendapatkan informasi berkualitas.

Komentar

Loading...