Konsumsi Cuka Apel Bisa Turunkan Kolesterol, Ini Penjelasan Dokter

Cuka apel-- jpnn

FAJAR.CO.ID — Kolesterol memang menjadi momok menakutkan bagi kesehatan. Jumlah kolesterol yang terlalu tinggi bisa membuat pembuluh darah mengeras atau menyempit.

Kalau sudah begini, Anda bisa terancam masalah jantung. Nah, cuka apel yang merupakan hasil fermentasi buah apel yang sudah dihancurkan ini dipercaya bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Apa kata dokter tentang ini? Benarkah Cuka Apel Bisa Turunkan Kolesterol?

Soal ini, dr. James Brown dari Aston University di Inggris pernah melakukan penelitian. Ia melakukan dua kali percobaan terhadap 40 orang relawan.

Empat puluh orang ini diberikan cuka apel secara rutin dalam beberapa hari. Hasil penelitiannya, dr. James Brown melihat penurunan kolesterol total yang signifikan dalam darah hanya dalam delapan pekan.

Namun, kekurangan dari penelitian ini adalah para relawan tidak memiliki kolesterol jahat yang tinggi sehingga tidak terlalu signifikan hasilnya.

Dokter James Brown mengatakan mungkin efek yang lebih besar dapat terlihat pada orang dengan masalah kolesterol. Total kolesterol yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan strok yang lebih tinggi.

Hal serupa juga diungkapkan oleh dr. Devia Irine Putri. Dia mengatakan, mengonsumsi cuka apel secara rutin bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

“Bisa, kalau dari beberapa penelitian, cuka apel bisa menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL),” ungkap dr. Devia.

Komentar

Loading...