KPK Masih Optimistis Bisa Ciduk Harun Masiku

Harun Masiku

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan masih memburu tersangka kasus permohonan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI periode 2019-2024, Harun Masiku. Mantan calon legislatif PDI Perjuagan itu telah lebih dari enam bulan menjadi buronan KPK.

“Terhadap Harun masiku kita masih tetap optimistis telah melakukan koordinasi dan kerjasama dengan aparat penegak hukum kepolisian untuk tetap melakukan pencarian dan memburu kepada yang bersangkutan (Harun Masiku),” kata Wakil Ketua KPK Lili Pantauli Siregar di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (18/8).

Lili menegaskan, pihaknya masih mengembangkan perkara yang menjerat Harun. Dia menegaskan, politikus PDIP itu harus mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Setelah yang bersangkutan ditemukan dan kemudian kasusnya akan segera kita tindaklanjuti,” tegas Lili.

Indonesia Corruption Watch (ICW) sempat mengkritisi kinerja KPK yang lambat meringkus Harun Masiku. ICW menilai, KPK yang dikomandoi Firli Bahuri tidak ada kemauan serius untuk menangkap Harun.

“Tidak ada kemauan serius untuk mencari Harun Masiku. Khususnya Ketua KPK Firli Bahuri,” kata peneliti ICW, Kurnia Ramadhana dalam keterangannya, Minggu (2/8).

Kurnia pun menyoroti gagalnya tim penyidik KPK untuk menggeledah kantor DPP PDI Perjuangan. Hambatan tersebut diduga dari pihak eksternal, Kurnia menduga ada pihak yang memiliki pengaruh atau kekuasaan.

“Mereka diduga yang melindungi Harun,” cetus Kurnia.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...