Penularan Covid-19, Korsel Karantina Ribuan Jemaat Gereja dan Selandia Baru Tunda Pemilu

  • Bagikan

Italia yang pernah menjadi pusat penularan Covid-19 global terpaksa meminta semua tempat yang ada arena dansanya ditutup. Sebab, terjadi lonjakan kasus yang berkaitan dengan pesta para pemuda di negara tersebut.

Italia tak mau mengulang sejarah dan kembali menjadi negara terdampak paling parah di Eropa.

Beberapa negara juga mengalami resesi setelah pandemi berlangsung beberapa bulan. Jepang dikabarkan menjadi salah satu yang paling terpukul.

Negeri Sakura itu mengalami penyusutan produk domestik bruto (PDB) di kuartal kedua tahun ini. Perekonomian mereka turun 7,8 persen dari kuartal pertama. Itu merupakan yang terburuk dalam sejarah modern Jepang.

Negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia tersebut memang sudah mengalami pertumbuhan ekonomi yang rendah sebelum pandemi melanda.

Penularan Covid-19 hanya memperburuk situasi. Salah satu faktor yang membuat ekonomi turun adalah konsumsi publik yang minim. Padahal, itu menyumbang separo ekonomi Jepang.

Ekspor juga tak bisa dilakukan dengan maksimal karena perdagangan global turun akibat pandemi. Banyak pelabuhan dan bandara yang masih tutup.

Pemerintah Malaysia juga terpaksa menghentikan sementara turis medis yang datang ke Penang. Padahal, itu merupakan sektor penghasil pundi-pundi uang di bidang kesehatan. Keputusan tersebut terpaksa diambil setelah ada kasus penularan Covid-19 baru.

Menteri Besar Penang (setara Gubernur, Red) Chow Kon Yeow baru tahu ada tiga pasien asal Indonesia yang masuk Penang. Rombongan dari Medan itu tiba pada 14 Agustus dengan menyewa pesawat AirAsia.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan