Sembuhkan Pasien Covid-19, Indonesia Gunakan 3 Kombinasi Obat

ILUSTRASI. Untuk mengobati pasien Covid-19, tenaga medis menggunakan beberapa kombinasi obat sesuai dengan pengobatan standar kasus ringan, sedang, dan berat. (ANTONOV/AFP)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pasien Covid-19 yang sembuh di Indonesia hingga saat ini sudah nyaris mencapai 100 ribu orang. Untuk pengobatan pasien Covid-19, tenaga medis menggunakan beberapa kombinasi obat sesuai dengan pengobatan standar kasus ringan, sedang, dan berat.

Sedikitnya ada 4 kombinasi obat yang sesuai standar untuk pengobatan Covid-19. Yaitu kombinasi obat I (Azritomisin atau Levoflokasin, Klorokuin atau Hidroksiklorokuin, Ozeltamivir, vitamin). Kombinasi obat II (Azritomisin atau Levoflokasin, Klorokuin atau Hidroksiklorokuin, Favipiravir, vitamin). Kombinasi obat III (Azritomisin atau Levoflokasin, Klorokuin atau Hidroksiklorokuin, Lopinavir plus Ritonavir, vitamin). Dan kombinasi obat IV (Azritomisin atau Levoflokasin, Klorokuin atau Hidroksiklorokuin, Remdesivir, vitamin).

“Nah di Indonesia gunakan 3 kombinasi. Pilihan kombinasi keempat enggak ada. Remdesivir kita enggak pakai sejauh ini karena tak impor. Itulah yang sudah digunakan di Indonesia sejak mulai April,” kata Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia DR. Dr. Agus Dwi Santoso, Sp.P(K), FAPSR, FISR dalam konferensi pers virtual dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (18/8).

“Tata laksana ini sudah dikeluarkan profesi sejak awal April dan sudah diadopsi Kemenkes. Standar dari tanpa gejala sampai kritis. Dari pasien mulai tanpa gejala, ringan, sedang,” tambahnya.

Menurut dr. Agus mengobati pasien harus sesuai dengan hal itu agar bisa diberikan sesuai konsensus dan kesepakatan. Lalu pasien tanpa gejala cukup diberikan vitamin, baik tradisional maupun obat modern fitofarmaka, obat yang sudah dapat izin edar sebagai suportif,” jelasnya.

Komentar

Loading...