Sembuhkan Pasien Covid-19, Indonesia Gunakan 3 Kombinasi Obat

ILUSTRASI. Untuk mengobati pasien Covid-19, tenaga medis menggunakan beberapa kombinasi obat sesuai dengan pengobatan standar kasus ringan, sedang, dan berat. (ANTONOV/AFP)

Lalu dari 3 macam kombinasi obat, mana yang lebih efektif? Menurut dr. Agus, sejauh ini belum ada riset yang membandingkan ketiganya.

“Tapi penggunaannya berdasarkan emergency used dari BPOM, artinya BPOM mengizinkan, kami laksanakan,” katanya.

Menurut dr. Agus, penggunaan 3 kombinasi obat itu, menunjukkan beberapa hasil kesembuhan pada sejumlah rumah sakit. Di Wisma Atlet 99,3 persen pasien sembuh dengan panduan yang dikeluarkan. Ada 1 kasus yg dirujuk dan 2 pulang.

Keemudian di RS Persahabatan, kasus ringan 100 persen kasus sembuh, kasus sedang 96,4 persen sembuh, kasus berat sebagian besar tak bisa sembuh, kasus kritis 79,6 persen meninggal. Dan ada pilihan tambahan obat lain pada kasus berat dan kritis.

“Yakni seperti Deksamethason, dan (pengencer) atau antikoagulan. Ada pilihan obat terapi lagi, plasma convalescent, stem cell bisa diberikan sesuai pemeroksaan. Pasien juga dapatkan nutrisi, dan alat bantu napas jika diperlukan dan terapi lain termasuk komorbid,” paparnya. (JPC)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...