Tjahjo Kumolo Dituding Tak Paham Hak Cipta, Gara-gara Link Film Ilegal

Menpan RB Tjahjo Kumolo-- jpnn

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo mendapat sorotan publik usai memposting sejumlah link film ilegal dari YouTube. Banyak orang bereaksi karena apa yang dilakukannya dinilai tidak menghargai hak kekayayaan intelektual.Salah satunya datang dari sutradara kenamaan tanah air Joko Anwar.

Menanggapi hal tersebut, aktor yang juga produser Evry Joe menilai apa yang dilakukan Tjahjo Kumolo menjadi bukti bahwa dia tidak memahami tentang hak cipta. Apa yang diposting orang di YouTube seolah-olah dianggapnya sudah benar tidak ada pelanggaran hukum. Padahal banyak akun YouTube memposting film secara ilegal.

“Nah ini banyak kalangan masyarakat biasa maupun para pemangku kekuasaan atau pejabat setingkat menteri tidak paham apa yang dia lakukan. Kadang kala mereka ini asal melakukan sesuatu tidak memikirkan dampaknya yang akan timbul,”kata Evry Joe kepada JawaPos.com, Selasa (18/8).

Dia mengatakan apa yang dilakukan Tjahjo Kumolo termasuk hal sederhana namun memiliki dampak besar di masyarakat. Sebagai tokoh, dia meminta Tjahjo lebih berhati-hati sebelum berrindak. Apabila tidak memahami suatu hal, Evry Joe meminta bertanya terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan.

“Film itu dilindunggi oleh undang-undang, jangan dianggap main-main makanya buka dan baca Undang-Undang Perfilman Indonesia. Kalau tidak tahu mbok yo tanya. Bertanya bukan berarti bodoh, dari pada sok tahu jadi ruyam dan ini jadi pelajaran berharga bagi kita semua, masyarakat luas, terutama para pemangku kekuasaan,” ungkapnya.

Komentar

Loading...