Turis Domestik Mulai Hidupkan Pariwisata Bali

PELIT BELANJA: Wisatawan Tiongkok saat menikmati pantai Kuta beberapa waktu lalu (Miftahuddin Halim/Radar Bali)

FAJAR.CO.ID, BALI — Harapan dunia pariwisata di Bali untuk kembali pulih dengan cepat masih terbuka lebar. Kuncinya adalah semangat untuk pulih dari pandemic Covid-19 dengan cara menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Harapan industri pariwisata bakal pulih bisa dilihat dari jumlah kunjungan wisatawan domestik ke Bali pasca dibuka akhir Juli lalu.

Kepala Dinas Pariwisata Bali Putu Astawa memaparkan, pertumbuhan wisatawan domestik ke Bali sejak dibuka menunjukkan grafik yang signifikan.

“Rata rata peningkatan dari sekitar 900 orang sebelum 31 Juli dan setelahnya sekitar 2.600 sampai 3.900 wisatawan domestik,” ujar Putu Astawa, Selasa (18/8).

Di sejumlah objek wisata di Bali juga mulai terlihat ada denyut jantung pergerakan wisatawan. Sebut saja di Nusa Penida, Pantai Pandawa dan beberapa objek lainnya.

Hanya memang, ramainya saat musim liburan saja. Lalu, bagaimana harapan dengan kedatangan wisatawan asing yang direncanakan akan dibuka 11 September 2020 mendatang?

Padahal, harapan masyarakat Bali agar pulau Dewata ini segera kembali dibuka untuk wisatawan asing, sangat tinggi.

Putu Astawa sendiri masih belum bisa berbicara banyak terkait hal itu. Dia justru berkilah tidak mengetahui pasti ada keputusan tersebut. “Waahh belum tahu pastinya,” paparnya lagi.

(rb/ara/mus/JPR)

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...