BI Pertahankan Suku Bunga Acuan

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan 7 Days Reverse Repo Rate tetap di level 4 persen. Suku bunga Deposit Facility sebesar 3,25 persen, dan suku bunga Lending Facility sebesar 4,75 persen. Hal tersebut berdasarkan Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 18-19 Agustus 2020.

“Rapat dewan gubernur BI pada tanggal 18-19 Agustus 2020 memutuskan untuk mempertahankan bunga acuan BI 7 days reverse repo rate 4 persen,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo, Rabu (19/8).

Perry menjelaskan, keputusan tersebut telah mempertimbangkan stabilitas eksternal, di tengah inflasi yang diprakirakan tetap rendah. “Bank Indonesia menekankan pada jalur kuantitas melalui penyediaan likuiditas untuk mendorong pemulihan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19, termasuk dukungan Bank Indonesia kepada pemerintah dalam mempercepat realisasi APBN tahun 2020,” katanya.

Otoritas moneter juga menempuh langkah-langkah untuk melanjutkan kebijakan stabilisasi nilai tukar Rupiah agar sejalan dengan fundamental dan mekanisme pasar. “Memperkuat strategi operasi moneter guna meningkatkan transmisi stance kebijakan moneter yang ditempuh,” ucapnya. (jpc)

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...