Dokter Spesialis Orthopedi Anak Meninggal Akibat Covid-19

dr. Sulis Bayusentono, M. Kes., Sp.OT(K)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Dunia medis tanah air kembali berduka lantaran kehilangan putra terbaiknya. Dokter Orthopedi Sub Spesialis Orthopedi Anak, dr. Sulis Bayusentono, M. Kes., Sp.OT(K) meninggal dunia karena terinfeksi Covid-19.

Kabar duka itu dibenarkan oleh rekan sejawatnya sesama ahli orthopedi, dr. Moh Adib Khumaidi, Sp.OT. Almarhum meninggal pada Selasa (18/8) sore.

“Iya benar (meninggal) tadi sore. Iya (positif),” kata dr. Adib yang juga Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Moh Adib Khumaidi, Sp.OT.

Menurut dr. Adib, profesi almarhum dr. Sulis adalah spesialis yang langka di Indonesia. Hanya ada 10 Sub Spesialis Orthopedi Anak di Indonesia.

“Betul (hanya sedikit). Pendidikan sub spesialis juga masih dari luar negeri,” ujar dr. Adib.

Bagi dr. Adib yang sangat mengenalnya semasa kuliah mahasiswa kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, almarhum adalah orang baik sejak mahasiswa.

Sosoknya dikenal sebagai aktivis mahasiswa yang masih memegang idealisme sampai sudah menjadi staf orthopedi FK Unair.

“Selalu aktif dalam kegiatan sosial dan bahkan beliau akhir-akhir ini sering memberikan bantuan dan datang ke pesantren-pesantren,” jelasnya.

Kenangan bersama almarhum, dr. Adib pernah menjadi pembinanya saat almarhum masih menjadi mahasiswa. Kabar ini memukul dunia kedokteran khususnya di bidang orthopedi.

“Saya termasuk yang membina beliau saat mahasiswa kedokteran Unair. Saya angkatan 1992 beliau 1996. Saya cukup dekat dan beliau masih sering konsultasi mengenai organisasi sama saya,” kata dr. Adib. “Iya ini berita yang paling sedih,” pungkasnya. (jpc)

Komentar

Loading...