Gara-gara Usulan Begini, Tjahjo Kumolo Sentil Dirjen Otonomi Daerah

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Tjahjo Kumolo -- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo menegaskan, penyederhanaan birokrasi ditargetkan selesai akhir Desember 2020.

Selain memangkas jabatan struktural menjadi dua level, pemangkasan lembaga atau badan juga ditargetkan selesai pada kurun waktu tersebut.

“Sesuai amanat Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, penyederhanaan birokrasi wajib dilakukan oleh seluruh instansi, baik pusat maupun daerah,” kata MenPAN-RB Tjahjo Kumolo di Jakarta, Rabu (19/8).

Dia menegaskan, semua instansi pusat dan daerah harus tegak lurus dengan perintah presiden. Jangan sampai ada yang memperlambat target dari visi misi presiden dan wapres tersebut.

Terhitung sejak akhir Juli 2020, tahap pertama pengalihan status dari pejabat struktural menjadi pejabat fungsional telah selesai dikerjakan dengan persentase sebesar 68 persen.

Target Desember 2020 tersebut, diinstruksikan Wapres Ma’ruf Amin dalam rapat Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN). Untuk mewujudkan target tersebut, instansi pusat dan daerah perlu bekerja secara kolektif.

“Penyederhanaan birokrasi akan berjalan lancar bila seluruh instansi pemerintah, baik pusat dan daerah, dapat memahami visi misi presiden dan wapres serta saling bekerja sama dengan baik,” ungkap Menteri Tjahjo.

Dia kembali menegaskan, jangan sampai ada langkah atau kebijakan yang bisa diartikan memperlambat prioritas arahan presiden dan wapres dalam upaya mempercepat proses penyederhanaan birokrasi.

Komentar

Loading...