Harley-Davidson Patenkan Mesin Baru

Harley

FAJAR.CO.ID — Paten terbaru terkait mesin yang dikembangkan Harley-Davidson mulai terkuak. Bukan mesin V-Twin yang biasanya dibuat Harley-Davidson, paten kali ini mengungkapkan mesin baru dengan sistem Variable Valve Timing (VVT) yang pintar.

Mesin baru ini juga dilaporkan dapat menyelamatkan beberapa model Harley-Davidson dari kepunahan. Sebab, mesin yang sedang dipatenkan Harley-Davidson dengan sistem VVT dikatakan sudah memenuhi regulasi Euro 5.

Dilansir dari Visordown, pengoperasian sistem VVT dalam mesin yang dipatenkan Harley-Davidson dikatakan cukup kompleks, terlebih lagi berkat sistem yang dimasukkan ke dalam konfigurasi V-twin bergaya klasik.

Dalam mesin yang dipatenkan, terdapat modul keseimbangan. Engkol dihubungkan ke roda gigi kecil, yang selanjutnya memutar roda gigi di atasnya. Di bagian belakang gigi yang lebih besar terdapat sproket bergigi kecil yang memutar rantai yang pada gilirannya memutar beban keseimbangan ke arah yang berlawanan dengan poros engkol.

Unit VVT dihubungkan ke cam gear, menyesuaikan waktu katup masuk dan keluar. Sementara beberapa sistem VVT dipuji karena peningkatan tenaga dan torsi rendah, menengah dan atas, sistem Harley-Davidson jauh lebih cenderung untuk mencapai efisiensi bahan bakar dari pada menambahkan lebih banyak kinerja.

Semakin tua mesinnya, semakin sulit untuk memperbarui bagian dalamnya untuk memenuhi peraturan emisi Euro yang semakin ketat. VVT adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan unit daya melalui regulasi terbaru tanpa meningkatkan kapasitas secara besar-besaran untuk membuang turbo atau supercharger.

Komentar

Loading...