Kasus Dugaan Pungli Rusunawa, Inspektorat Periksa Kadis Perumahan

ILUSTRASI. (int)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Inspektorat terus mendalami adanya kasus dugaan pungutan liar (pungli) di Rusunawa Lette dan Pannambungan. Bahkan, Inspektorat telah memeriksa sejumlah penghuni, termasuk Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim), Fatur Rakhman.

Kepala Inspektorat Kota Makassar, Zainal Ibrahim, mengatakan, pihaknya tengah mengonfirmasi pihak mana saja yang terlibat di dalamnya. Apa yang menjadi keluhan masyarakat di rusunawa dan kinerja SKPD terkait.

“Kami sudah konfirmasi masyarakat, penghuni, LSM Kiwal, pejabat termasuk Kadis Perumahan,” ujar Zainal saya ditemui di Balai Kota Makassar, Selasa (18/8/2020).

Untuk memeriksa dugaan pungli tersebut, Zainal mengaku hanya menurunkan satu tim. Dikarenakan anggota di Inspektorat yang terbatas. “Satuji Yang terdiri sekitar 8 orang,” sebutnya.

Hasilnya kemudian, lanjut Zainal akan dicocokkan dengan peraturan yang berlaku. Termasuk temuan auditor dari masyarakat dan Disperkim Makassar, hasilnya akan diparalelkan.

“Karena konfirmasi itu melibatkan bnyak aspek. Kenapa? karena kami harus mengkonfirmasi masyarakt kami harus mengkorfirmasi pejabat di Dinas Perumahan, itu kita paralelkan, apa hasilnya, apa yang menjadi komplain masyarakt, apa yang menjadi kinerja dari Dinas Perumahan, itu harus kita cocokkan, termasuk melihat hubungannya dengan regulasi yang berlaku,” beber Zainal.

Namun, hingga saat ini, tim auditor Inspektorat belum merilis hasil dari pemeriksaan tersebut. Zainal mengaku timnya masih terus melakukan konfirmasi kepada pihak terkait.

Komentar

Loading...