Kembalikan Dana Covid-19 Rp250 Miliar untuk Biayai Infrastruktur

Wakil Ketua Banggar DPRD Sulsel, Fachruddin Rangga. (Fajar.co.id)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Anggaran sebesar Rp250 miliar dikembalikan ke program awal APBD Sulsel 2020. Akan digunakan untuk membiayai pembangunan infrastruktur.

Sejatinya, anggaran tersebut hasil refocusing untuk penanganan pandemi Covid-19. Pemprov Sulsel mengalokasikan Rp500 miliar dari hasil refocusing anggaran.

Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sulsel, Fachruddin Rangga mengatakan, meski masih dalam pembahasan, dewan sudah menyepakati pengembalian anggaran tersebut. Apalagi, penggunaan anggaran Covid-19 tahun ini belum mencapai Rp200 miliar.

Padahal, anggaran yang tersedia awalnya sebesar Rp500 miliar. Anggaran dialokasikan dalam dua kali SK parsial saat awal pandemi Covid-19.

“SK parsial pertama, kita refocusing Rp250 miliar. Kemudian berikutnya refocusing lagi Rp250 miliar sebagai cadangan,” bebernya kepada FAJAR, Selasa, 18 Agustus.

Hanya saja, kata dia, Pemprov Sulsel ternyata tak menggunakan anggaran cadangan tersebut. Bahkan, serapan anggaran Covid-19 belum mencapai Rp200 miliar. Masih ada sisa dari proses refocusing awal.

Dengan pertimbangan tersebut, dewan pun menyepakati agar anggaran Rp250 miliar dikembalikan ke program sebelumnya. Apalagi, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 tak butuh lagi dana besar, lantaran semua fasilitas penunjang sudah terpenuhi.

“Sekarang masih dalam pembahasan item kegiatan apa saja yang akan dikembalikan. Pada dasarnya, kami harap agenda pembangunan yang sempat tertunda akibat refocusing bisa berlanjut kembali,” imbuh politikus Partai Golkar tersebut.

Komentar

Loading...