Puncak Hari Anak Nasional, Menteri PPPA: Anak-anak Tak Hanya Cerdas, Tapi Juga Berkualitas

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Puspayoga

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Puspayoga hadir langsung pada puncak Hari Anak Nasional tingkat Sulsel tahun 2020, di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (19/8/2020).

Dalam kesempatan itu, ia berharap anak-anak Indonesia dapat menjadi penerus bangsa yang berkualitas.

“Anak-anak diharapkan tidak hanya cerdas tapi juga berkualitas. Disamping cerdas dan berkualitas, anak-anak mampu menjadi karakter yang baik, itu yang diharapkan,” ucapnya.

Dalam sambutannya, ia mengatakan Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 23 Juli, bukan hanya sekedar kegiatan seremonial semata, melainkan sebagai pengingat untuk meningkatkan kepedualiam kepasa anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Ia menekankan sebanyak 79,5 juta anak merupakan investasi bangsa yang perlu dilindungi hak-haknya dan telah tertuang dalam undang-undang bahwa setiap anak berhak atas keberlangsungan hidup dan berhak atas kebebasan kekerasan dan hak asasi.

“Dalam UU ini, negara, pemda, masyarakat, keluarga dan orang tua berkewajiban bertanggungjawab atas perlindungan anak termasuk memenuhi hak anak yang tertuang dalam konvensi hak anak,” jelasnya.

Meski begitu, ia mengaku masih ada beberapa kendala di lapangan terkait kekerasan terhadap anak dan perempuan di Indonesia. Sehingga, kata dia, dibutuhkan kekompakan dan sinergitas antar semua elemen masyarakat.

Sementara, Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani menuturkan peristiwa yang banyak terjadi di lapangan, salah satu penyebabnya karena kurangnya komunikasi yang dibangun oleh keluarga yang memberikan kontribusi besar terhadap anak.

Komentar

Loading...