Ungkit Kesalahan Fatal Presiden Jokowi, Prof Salim Said Bilang Begini

Prof Salim Said

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengamat politik Prof Salim Said angkat bicara terkait lahirnya Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia atau KAMI.

Menurut Salim, gerakan seperti KAMI bukan barang baru di Indonesia. Gerakan seperti itu sudah ada sebelum Indonesia merdeka.

Karena itu, Salim meminta semua pihak tidak perlu terkejut dan curiga macam-macam tentang keberadaan KAMI.

Salim mengaku mengalami dan mengamati perubahan politik dari Orde Lama ke Orde Baru dan dari Orde Baru ke era Reformasi. Dan hal seperti itu selalu terjadi.

Dalam setiap ada perubahan, kata Salim, yang terlibat cuma elit, rakyat tidak terlibat. Lama kelamaan jarak antara rakyat dengan elit semakin jauh.

“Inilah yang melahirkan gerakan-gerakan seperti KAMI sekarang ini,” ucap Salim saat memberikan closing statement dalam program acara Indonesia Lawyers Club (ILC) yang disiarkan langsung TvOne, Selasa (18/8).

Salim menjelaskan, Soekarno, Hatta, dan Syahrir juga pernah melakukan gerakan seperti itu sampai dijebloskan ke penjara.

“Ini selalu begitu. Jadi tidak usah terkejut dan curiga. Peranan itu selalu tersedia. Siapa yang memainkan peranan itu? Di antara orang yang memainkan peranan itu adalah orang yang pernah memainkan peranan pada kekuasaan sebelumnya,” ucap Salim.

“Tapi kalau sekarang dia memainkan peranan baru yang kritis, itu tidak pula lantas dicurigai karena dia sakit hati. Mungkin ada satu atau dua orang sakit hati, tapi itu bukan masalah,” imbuh Salim.

Komentar

Loading...