Dukung Program Bantuan Subsidi Upah, BPJamsostek Sulawesi Maluku Kumpulkan Rekening Peserta

FOTO: IKBAL/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan bakal memberikan subsidi kepada pekerja swasta yang telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek).

Di mana syarat penerima subsidi adalah peserta BPJamsostek yang masih aktif, dengan upah di bawah Rp5 juta perbulan, berdasarkan data upah yang dilaporkan dan tercatat pada BPJamsostek.

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Maluku, Toto Suharto, menjelaskan, BPJamsostek Wilayah Sulawesi Maluku telah merekap data rekening pekerja melalui 46 Kantor Cabang yang ada per 20 Agustus 2020. Sebanyak 342.562 rekening bank peserta dari target peserta aktif yang memenuhi kriteria per 30 Juni 2020 sekitar 504.772 pekerja.

“Data yang disampaikan BPJamsostek kepada pemerintah merupakan data peserta aktif kategori Pekerja Penerima Upah atau Pekerja Formal dengan upah di bawah Rp5 juta berdasarkan upah pekerja yang dilaporkan oleh pemberi kerja dan tercatat pada BPJamsostek. Tidak termasuk di dalamnya Peserta yang bekerja sebagai pegawai di BUMN, Lembaga Negara dan Instansi Pemerintah, terkecuali Non ASN,” jelasnya.

Saat ini, kata Toto Suharto, Khusus Sulawesi Selatan data rekening dikumpulkan melalui 18 Kantor Cabang per 20 Agustus baru mencapai 133.803 rekening dari target peserta yang memenuhi kriteria sekitar 215.326 pekerja.

BPJAMSOSTEK Wilayah Sulawesi Maluku juga bekerja sama dengan Bank BNI, Mandiri, BRI dan BTN agar perbankan Himbara dapat membantu pembukaan rekening bank bagi peserta pekerja penerima upah yang belum punya rekening bank.

Komentar

Loading...