FFM Dukung Zarco, Rossi: Kesalahan Penilaian yang Serius

Rekaman yang memperlihatkan motor melayang di antara Rossi dan Vinales/Crash

FAJAR.CO.ID, SPIELBERG—Federasi Sepeda Motor Prancis (FFM) memberikan dukungannya kepada Johann Zarco di tengah meningkatnya kritik atas perannya dalam kecelakaan MotoGP Austria, pekan lalu. Mereka juga mendesak media menunjukkan ‘kehati-hatian’ dalam melaporkan insiden itu.

Zarco mendapat kecaman dari sesama pengendara setelah bertabrakan dengan Franco Morbidelli sebelum Tikungan 3. Insiden itu mengakibatkan Valentino Rossi dan Maverick Vinales hampir terhantam motor mereka yang melayang.

FIM dilaporkan sudah mengatur pertemuan pada hari Kamis untuk menetapkan apa yang terjadi dalam insiden itu berdasarkan kesaksian dan data pengendara. Tim Avintia Ducati sendiri mendukung pembalapnya.

Menurut mereka, pada saat kecelakaan terjadi, Zarco mengerem lebih lambat di Tikungan 3 dan sama sekali tidak punya niat mengganggu pengereman Morbidelli dan menutup jalurnya. FFM sementara itu mengatakan mereka mempertanyakan sejumlah tuduhan terhadap Zarco.

“Minggu lalu, kecelakaan dengan konsekuensi yang berpotensi dramatis melibatkan dua pembalap, Franco Morbidelli dan pembalap FFM Johann Zarco, selama Grand Prix MotoGP Austria. Federasi Sepeda Motor Prancis bertanya-tanya tentang tuduhan tertentu, yang motivasinya tidak didefinisikan dengan baik, mengenai tanggung jawab Johann Zarco dalam kecelakaan ini,” demikian bunyi pernyataan FFM.

Presiden FFM, Jacques Bolle, menambahkan Zarco tidak bertanggung jawab atas kecelakaan itu. “Ketika Anda melihat gambar-gambar itu, tidak ada yang menunjukkan bahwa Johann bertanggung jawab atas kecelakaan ini, sebaliknya. Jadi media harus berhati-hati dalam masalah ini,” tegasnya.

Komentar

Loading...