Google Investigasi Gmail, Google Drive, Google Meet dan YouTube yang Alami Down

Ilustrasi: logo aplikasi Gmail (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pada Kamis (20/8) siang, pengguna Google di tanah air mengeluhkan beberapa layanan Google tumbang. Banyak keluhan dirasakan oleh pengguna Google dengan yang paling kentara adalah layanan Gmail yang tidak bisa mengirim pesan dengan attachment foto.

Selain Gmail, pantauan JawaPos.com hingga berita ini ditulis, tumbangnya layanan Google tak hanya dikeluhkan para pengguna Gmail saja. Layanan lain seperti Google Drive, Google Meet, dan YouTube juga dilaporkan terganggu.

Seperti sudah kami singgung di atas, sejumlah pengguna layanan-layanan Google di Indonesia mengeluhkan hal yang sama, yakni tidak bisa mengunggah (upload) lampiran (attachment) di Gmail, atau mengunggah file baru ke Google Drive.

Sementara untuk beberapa pengguna YouTube, mereka melaporkan tidak bisa mengupload video baru di channel mereka. Sementara mengacu pada laman monitoring DownDetector, keluhan tumbangnya beberapa layanan Google tak hanya terjadi di tanah air.

Pengguna dari berbagai negara juga kena dampak dari tumbangnya layanan Google. Adapun negara-negara tersebut mencakup India, Amerika Serikat, Australia, Jepang, Malaysia, dan Indonesia.

Layanan Google yang down sendiri juga kami rasakan. Kami telah beberapa kali mencoba mengunggah file ke Gmail atau Google Drive namun prosesnya gagal.

Laporan gangguan tercatat memuncak sekitar pukul 12.26 WIB siang dan masih berlangsung saat berita ini ditulis. Dalam laman Google status dashboard sendiri Google telah menyadari gangguan ini dan sedang melakukan investigasi dan berupaya untuk melakukan penyelesaian. (JPC)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar