Peringkat PTS di Sulsel Naik Drastis, UMI dan Unibos Masuk Peringkat 100, Unifa di Posisi 205


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah Sulawesi mengalami peningkatan ranking dan skor yang signifikan pada Klasterisasi Perguruan Tinggi (PT) Tahun 2020 yang diumumkan Dirjen Dikti pada tanggal 17 Agustus 2020.

Dua PTS yang ada di Makassar yaitu Universitas Muslim Indonesia (UMI) dan Universitas Bosowa (Unibos) berhasil masuk dalam peringkat 100 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Prof. Jasruddin, Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi pada Selasa (18/8). Menurut Prof. Jasruddin capaian ini sesuai dengan target yang ingin dicapai tahun ini karena tahun lalu memang tidak ada PTS di Sulawesi yang masuk kategori 100 PT Terbaik Nasional.

“UMI tahun ini berhasil naik ke peringkat 64 dari peringkat 102 tahun lalu, sedangkan UNIBOS meloncat dari peringkat 189 tahun lalu ke peringkat 82 tahun ini”, ujar Prof. Jasruddin.

Menurut Prof. Jasruddin, sejak awal tahun 2020, LLDIKTI Wilayah IX memang intensif melakukan pendampingan untuk memastikan agar PTS di Sulawesi melaporkan semua capaian yang menjadi indikator penilaian Klasterisasi dan Pemeringkatan PT Tahun 2020 ini.

Klasterisasi dan Pemeringkatan PT yang dilakukan oleh Ditjen Dikti sejak tahun 2015 memang berbasis data yang dilaporkan PTS melalui Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD DIKTI), maupun sumber data terkait lainnya seperti Simlitabmas, SINTA, SIMANIS dan lain-lain.

Komentar

Loading...