Peringkat PTS di Sulsel Naik Drastis, UMI dan Unibos Masuk Peringkat 100, Unifa di Posisi 205

Kamis, 20 Agustus 2020 14:49

Klasterisasi dan Pemeringkatan PT setiap tahun dilakukan Kemendikbud untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait kinerja perguruan tinggi di Indonesia. Selain itu data klasterisasi dan pemeringkatan ini juga menjadi dasar bagi Kementerian dalam menyusun program dan kebijakan yang relevan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan PT di Indonesia.

Terdapat 22 indikator dalam Klasterisasi dan Pemeringkatan PT ini, termasuk di dalamnya Kinerja Penelitian, Kinerja Kemahasiswaan, Kinerja Pengabdian Pada Masyarakat, Akreditasi, Kerjasama PT hingga jumlah paten, sitasi, dan artikel ilmiah terindeks per dosen.

Tahun ini beberapa indikator baru terkait kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) juga ditambahkan seperti jumlah prodi dan mahasiswa yang mengikuti program Merdeka Belajar, serta jumlah dosen yang bekerja sebagai praktisi di industri selama minimal 6 bulan dalam 5 tahun terakhir. Data peringkat PT tahun 2020 ini dapat diakses masyarakat melalui website : http://klasterisasi-pt.kemdikbud.go.id/. (rls/fajar)

Bagikan berita ini:
7
8
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar