Bantuan Rp20 M untuk UMKM


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pelaku usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM bakal mendapat bantuan. Dari Pemkot Makassar. Nilainya mencapai Rp20 miliar.

Bantuan sebesar Rp20 miliar ini akan dibagikan kepada8.584 pelaku UMKM. Tiap UMKM mendapat bantuan Rp2,4 juta.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Makassar, Evi Apriyalti mengatakan, bantuan kepada UMKM merupakan program Pemerintah Pusat.

“Kita juga menggerakkan mereka agar produktif dengan mempersiapkan produk sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya, Kamis, 20 Agustus.

Bagi Evi, stimulus yang diberikan kepada UKM diharapkan bisa memberi dampak bagus. Modal yang disalurkan saat ini sangat dibutuhkan. Ini demi mendorong perekonomian bisa tumbuh dan berputar di kalangan masyarakat menengah ke bawah.

“Kita sudah bergerak juga secara aktif sejak April. Sosialisasi berupa pembuatan masker yang kemudian kita jual ke OPD yang diberi mandat langsung ke program penanganan pandemi. Dari Dinas Kesehatan, BPBD, dan Dinas Sosial,” ungkapnya.

Stimulus tak hanya sampai di situ. Pemkot, kata Evi, juga memberi fasilitas kepada pelaku UMKM agar mendapat bantuan dana bergulir. Seperti KUR. “Kita juga sudah buat program jangka pendek yaitu pembuatan herbal untuk imun tubuh. Dan dipasarkan melalui online,” terangnya.

Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin mengatakan, sektor UMKM memang perlu perhatian. Jika sektor itu bergerak secara sehat, maka akan memberi efek domino terhadap perekonomian. (*)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...