HUT ke-75 RI, Ini Pandangan Melanie Subono

Melanie Subono. (MIFTAHULHAYAT/JAWA POS)

FAJAR.CO.ID — Perayaan Kemerdekaan RI ke-75 yang jatuh pada 17 Agustus 2020 kemarin mendapat perhatian khusus dari penyanyi sekaligus aktivis sosial, Melanie Subono. Melanie berharap pemerintah dapat mewujudkan janji kemerdekaan dengan mengupayakan kesejahteraan dan kesamaan di mata hukum untuk semua masyarakat Indonesia.

Melanie Subono melihat, kesenjangan sosial yang masih cukup tinggi membuat dirinya membuat pemeringkatan berbeda tentang seberapa merdeka bangsa Indonesia setelah 75 kali meyarakan kemerdekaan. Bagi si kaya, kata Melanie, kemerdekaan Indonesia bisa mencapai angka 6 ke atas dengan penilaian 1 sampai 10

“Tapi buat yang nggak punya , (peringkatnya) 5 dan terus menurun,” ujar Melanie Subono kepada JawaPos.com.

Putri dari promotor kenamaan tanah air Adrie Subono itu mengungkapkan makna kemerdekaan versi dirinya. Menurut Melanie Subono, kemerdekaan baru bisa terwujud ketika hak dasar masyarakat dipenuhi dengan baik sehingga mereka bisa hidup dengan layak.

“Kemerdekaan adalah kondisi dimana kita bisa mendapatkan hak-hak dasar kita tanpa perlu ada represi, ketakutan dan ancaman. Sambil kita juga melakukan kewajiban kita dengan sadar,” terang Melanie Subono.

Dia berharap di momen kemerdekaan RI ke-75, kemerdekaan bukan hanya dirayakan secara simbolis setiap tahunnya. Lebih dari itu kemerdekaan harus dapat dirasakan oleh masyarakat luas dengan adanya persamaan hak di bidang hukum, ekonomi, sosial, dan yang lainnya.

Komentar

Loading...