Ini Kata Menpora soal Pemain Naturalisasi dari Brasil

Menpora Zainudin Amali (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali akhirnya buka suara soal polemik naturalisasi pemain muda asal Brasil yang diduga akan diperbantukan di timnas U-19 untuk Piala Dunia U-20. Menurut Zainudin, naturalisasi adalah bagian dari rencana pembinaan yang dilakukan oleh klub.

Zainudin mengatakan, regulasi yang ada di PSSI tentunya tidak melarang hal tersebut. “Klub tentunya punya pertimbangan jangka pendek, menengah, dan panjang dalam perencanaan klub masing-masing,” kata Zainudin kepada wartawan.

Ia menambahkan, pada prinsipnya naturalisasi bukan hal yang diharamkan. Tidak hanya di sepak bola, proses perpindahan kewarganegaraan juga dilakukan beberapa cabang olahraga lainnya.

Namun, proses naturalisasi tentunya harus dilakukan sesuai prosedur perundang-undangan dan jangan sampai menimbulkan polemik dan konflik kepentingan. Keinginan klub akan dipertimbangkan oleh pimpinan cabor masing-masing sebelum diajukan ke pemerintah dan harus disetujui oleh DPR karena menyangkut kewarganegaraan seseorang.

“Proses naturalisasi juga sudah dilakukan beberapa cabor. Bahkan sudah ada proses naturalisasi untuk tiga orang dari cabor sepak bola dan basket,” ujarnya.

Isu naturalisasi ini sendiri muncul setelah lima pemain asal Brasil tiba di Indonesia. Kelimanya kini tersebar di tiga tim Liga 1 2020. Mereka adalah Henrique Bartoli Jardim, Gilherme Correa Grillo (Arema FC), Thiago Apolina Pereira dan Maike Henrique Irine De Lima (Persija), dan Robert Junior Rodrigues Santos (Madura United). (JPC)

Komentar

Loading...