Iran Luncurkan Rudal Martir Hajj Qassem Soleimani, Jangkau Musuh 1.400 Km

Rudal Martir Hajj Qassem Soleimani yang baru saja diluncurkan IRGC-- iranian

FAJAR.CO.ID, TEHERAN — Iran pada hari Kamis meluncurkan dua jenis rudal jarak jauh baru, yang bertepatan Hari Industri Pertahanan Nasional.

Dua rudal baru dinamai berdasarkan nama mantan Komandan Pasukan Quds IRGC Letnan Jenderal Qassem Soleimani dan Abu Mahdi al-Muhandis, serta nama komandan kelompok anti-teror Unit Mobilisasi Populer (PMU) Irak, diluncurkan pada hari Kamis selama virtual. upacara dihadiri oleh Presiden Iran Hassan Rouhani.

Rudal balistik pertama dijuluki “Martir Hajj Qassem Soleimani” memiliki jangkauan mendekati 1.400 kilometer, sedangkan yang kedua dijuluki “Martir Abu Mahdi al-Muhandis” adalah rudal jelajah dengan jangkauan 1.000 kilometer, seperti dilansir iranian, Jumat, 21 Agustus.

Jenderal Iran dan Abu Mahdi al-Muhandis dan teman-teman mereka dibunuh dalam serangan udara AS di dekat bandara Baghdad pada 3 Januari, ketika Jenderal Soleimani melakukan kunjungan resmi ke ibu kota Irak.

Pada akhir Juli, Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyed Ali Khamenei mengatakan, Iran tidak akan pernah melupakan pembunuhan Jenderal Soleimani oleh Washington dan pasti akan memberikan “serangan balasan” ke Amerika Serikat.

“Republik Islam Iran tidak akan pernah melupakan masalah ini dan pasti akan memberikan balasan kepada Amerika,” kata Ayatollah Khamenei dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi yang sedang berkunjung di Teheran.

“Mereka membunuh tamu Anda di rumah Anda sendiri dan dengan tegas mengakui kekejaman itu. Ini bukan masalah kecil,” kata Pemimpin itu kepada perdana menteri Irak. (fajar)

Komentar

Loading...