PKS Siap Bekerja Sama dengan KAMI, Jadi Mitra Oposisi Pemerintah

Mardani Ali Sera

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang dilakukan beberapa waktu lalu dinilai mencuri perhatian publik.

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera mengapresiasi munculnya KAMI. Dia menilai kekuatan mengawasi pemerintah akan bertambah.

“Karena pemerintah justru beruntung kalau ada yang jaga. Power yang berlebihan cenderung menyimpang. Kalau ada yang jaga justru bagus,” kata Mardani.

Dia menyebut gerakan KAMI berbeda dengan PKS. Sebab, KAMI bukan partai politik. Meski begitu, PKS akan membuka peluang kerja sama sebagai mitra oposisi pemerintah.

“PKS partai politik, KAMI gerakan moral. Tapi pada titik tertentu kita bisa bekerja sama untuk menjaga kondisi negara ini,” ucapnya.

Namun, kelompok KAMI belum bisa dibilang oposisi. Sebab, meski berseberangan dengan pemerintahan Joko Widodo, KAMI itu tidak memiliki kekuatan politik di parlemen.

“PKS ada di DPR. Itu oposisi. Tapi, kalau Amien Rais, PA 212 atau KAMI, tidak bisa dibilang itu klaster. Kalau ada yang bilang oposisi, boleh-boleh saja. Tetapi oposisinya lebih mempengaruhi opini publik. Bukan oposisi yang secara formal bisa mempengaruhi kebijakan,” tegas kata pendiri lembaga survei KedaiKOPi Hendri Satrio di Jakarta, Kamis (20/8).

Menurutnya, opini publik tidak cukup untuk mempengaruhi pemerintah dalam menetapkan kebijakan. Diperlukan beberapa langkah maju agar bisa mempengaruhi kebijakan.

Komentar

Loading...