Sumber Pajak Bergerak, Optimistis Capai Target

Kepala Bapenda Kota Makassar Irwan Adnan.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Bapenda Kota Makassar terus memacu pendapatan. Target untuk meraih pendapatan sebesar Rp813 miliar, sudah terealisasi 55 persen. Sisa mengejar Rp359 miliar.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar, Irwan Adnan, mengatakan, target Bapenda terus menunjukkan tren menjanjikan. Meski sempat ngos-ngosan saat memasuki fase pandemi. Tetapi, perlahan realisasi pendapatan hingga pertengahan Agustus terus membaik.

“Total pendapatan Bapenda per 14 Agustus sudah capai Rp450 miliar. Artinya sudah di atas 50 persen. Insyaallah kita optimis hingga di penutup tahun bisa capai hingga Rp800 miliar. Sesuai target,” katanya, Kamis, 20 Agustus.

Irwan menjelaskan, sektor pajak menjadi penyumbang terbesar. Dari beberapa item, pajak yang memberi kontribusi terbesar. Sebesar Rp131 miliar.

Lalu diikuti pajak restoran dengan nilai Rp81 miliar. Serta pajak Bea Pengalihan Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebesar Rp97 miliar. “Teman-teman kita minta agar bekerja bagaimana pendapatan bisa kita terus naikkan. Tentu dengan kita tetap menerapkan standar protokol kesehatan,” terang Irwan.

Dua sektor yang menurut Irwan bergerak tak signifikan yakni pajak hotel dan hiburan. Dua sektor itu memang yang paling terdampak akibat pandemi. Bahkan hingga kini. Realiasi pendapatan mereka tak secemerlang pajak restoran.

Pajak hotel hanya mampu menorehkan pendapatan sebesar Rp30 miliar. Lalu, pajak hiburan Rp11 miliar.

Komentar

Loading...