Belum Kondusif, Dandim Mimika Minta Warga Bersabar dan Tak Kembali ke Tembagapura

Dandim 1710 Mimika Letkol Inf. Yoga Chaya Prasetya. (Evarianus Supar/Antara)

Belum Kondusif, Dandim Mimika, Warga, Bersaba,r Tembagapura

FAJAR.CO.ID, PAPUA — Warga tiga kampung Distrik Tembagapura sejak awal Maret lalu masih mengungsi di Timika dan sekitarnya. Mereka diminta agar bersabar tidak kembali ke kampung halaman mereka.

Komandan Kodim 1710 Mimika Letkol Inf. Yoga Cahya Prasetya meminta masyarakat dari beberapa kampung di sekitar Tembagapura, yaitu Banti, Kimbeli, dan Opitawak, yang sementara ini masih mengungsi di Timika agar tidak berupaya kembali ke atas dahulu. ”Situasi keamanan di wilayah itu belum sepenuhnya kondusif,” kata Yoga Cahya Prasetya seperti dilansir dari Antara di Timika.

Yoga juga meminta kepada mereka untuk menjaga iklim kondusif di tempat masing-masing. ”Tidak perlu melakukan kegiatan-kegiatan lain yang dapat membuat situasi menjadi tidak enak sebab situasi keamanan di sana belum sepenuhnya aman karena masih ada kelompok separatis bersenjata,” ujar Yoga.

Lebih dari 1.000 warga tiga kampung di Distrik Tembagapura itu mengungsi ke Timika dan sekitarnya pada awal Maret. Beberapa kelompok KKB dari wilayah pegunungan dipimpin komandan operasi Lekagak Telenggen mengganggu warga di wilayah Distrik Tembagapura mulai Februari.

Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata juga mengimbau warga Distrik Tembagapura yang sementara mengungsi di Timika agar tidak kembali ke kampung halaman mereka. Lantaran situasi di wilayah Banti, Kimbeli, dan Opitawak, belum sepenuhnya aman.”Kami sarankan masyarakat untuk tidak naik ke Tembagapura karena kami belum bisa meyakinkan seluruh wilayah di sana sudah aman,” kata Era.

Komentar

Loading...