Indahnya Nepal van Java di Magelang

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAGELANG -- Meski jauh di pelosok desa, keindahan Dusun Butuh, Desa Temanggung Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, sangat luar biasa. Nepal van Java, demikian julukan untuk Dusun Butuh.

Dusun ini juga dijadikan basecamp bagi pendaki yang ingin menuju puncak Gunung Sumbing. Sudah banyak yang mengakui, kalau keindahan dusun ini sangat istimewa.

Seribu kata mungkin belum cukup untuk mengungkapkan rasa kagum pada ciptaan Illahi ini. Dikatakan istimewa karena banyak rumah penduduk yang dibangun berdempetan dari bawah hingga atas yang terletak di lereng gunung.

Bangunannya pun kukuh dan banyak yang bertingkat dengan cor beton. Sehingga deretan rumah milik penduduk ini mirip bangunan hotel bertingkat bila dilihat dari kejauhan.

Banyak pendaki maupun wisatawan yang datang menamakan dusun ini dengan “Namache Bazaar”, di Nepal. Kini, dusun Butuh dikenal sebagai Nepalnya Jawa tengah.

Menurut Kepala Dusun Butuh, Lilik Setyawan, sejak viral sebagai Nepalnya Jawa tengah, mulai banyak wisatawan yang berkunjung. Kalau dulu yang datang adalah para pendaki yang akan naik gunung melalui basecamp Butuh, kini keadaannya sudah berbeda.

Warga dari luar datang untuk foto-foto dengan latar belakang rumah-rumah penduduk, maupun hamparan perkebunan holtikultura, serta pohon-pohon pinus.

Dari dusun ini, wisatawan bisa melihat hamparan pemandangan yang luar biasa. Kota Magelang yang terletak nun jauh di sana, bisa dilihat dari dusun Butuh ini.

Ditambah dengan hawa dingin yang terkadang menusuk kulit, membuat mereka yang datang ke sini semakin betah.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan