Ini Pasal yang Dilanggar Oknum Polisi Pemeras

Oknum anggota Polres Jembrana yang ada dalam video Style Kenji di YouTube yang saat ini viral karena diduga memeras turis Jepang Rp 1 juta. (dok.youtube)

FAJAR.CO.ID, BALI — Polda Bali tidak main-main menuntaskan kasus oknum polisi yang memeras turis Jepang Rp 1 juta seperti yang diunggah channel Youtube Styke Kenji. Setelah diperiksa Propam Polres Jembrana, pemeriksaan oknum polisi berpangkat Aiptu kini dilanjutkan Bidang Propam Polda Bali.

Menurut informasi, kasus sang oknum polisi “nakal” ini ditarik ke Polda Bali lantaran mendapat atensi khusus Mabes Polri.“Sudah diambil alih Polda setelah diatensi Mabes (Polri),” ujar anggota Polres Jembrana. Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa membenarkan kasus oknum polisi itu diambil alih Propam Polda Bali.

Menurut informasi, Propam Polda Bali tengah mengebut pemeriksaan terhadap pelaku lantaran ada perintah dari Mabes Polri untuk mempercepat sanksi terhadap yang bersangkutan.

Berdasar rekaman video yang beredar, kecil kemungkinan sang oknum lolos, baik dari sanksi kode etik dan profesi maupun sanksi pidana.

Pasalnya, meski tidak ada pelapor, namun bukti video yang beredar luas di tengah masyarakat cukup jadi bukti pelaku melakukan pelanggaran. Bahkan, untuk pelanggaran pidana, ada lima pasal yang bisa dikenakan untuk menjerat sang oknum.

Yakni pasal 368, pasal 415, pasal 418, pasal 423, dan pasal 425 KUHP ayat 1 dan 2 dengan ancaman minimal 6 bulan dan maksimal 9 bulan.

Seperti diberitakan, kejadian bermula ketika oknum polisi menghentikan seorang pengendara motor bernomor polisi DK 3762 FO.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...