Xi Jinping Disebut Musuh Dunia

Presiden Tiongkok, Xi Jinping, disebut telah menjadi musuh dunia karena membawa Tiongkok terlibat konflik dengan AS dan India (The Print)

FAJAR.CO.ID — Mantan anggota Partai Komunis Tiongkok, Cai Xia, menuduh Presiden Xi Jinping sudah memberi citra negatif pada Tiongkok lantaran terlibat konflik dengan Amerika Serikat berlarut-larut. Xi Jinping juga disebut seolah menjadi musuh dunia karena membawa Tiongkok terlibat konflik dengan AS dan bahkan India.

Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Guardian, Cai Xia, mantan profesor di Sekolah Partai Pusat Elit Tiongkok, yang diusir dari Partai Komunis Tiongkok, menyatakan keras bahwa di bawah rezim Xi, Partai Komunis Tiongkok justru memberi hambatan bagi kemajuan Tiongkok. Dia juga menuduh Xi merusak reputasi negara.

Hubungan antara Tiongkok dan AS telah tegang dalam banyak hal yakni perdagangan, Laut China Selatan, penderitaan kaum Uighur, dan lainnya.

Hubungan dengan India juga meningkat karena ketegangan di sepanjang perbatasan. India menuduh Tiongkok menyusup ke wilayahnya di beberapa titik di Ladakh. Ketegangan diperburuk dengan terjadinya bentrokan pada 15 Juni dan mengakibatkan 20 tentara India dan sejumlah tentara Tiongkok tewas.

Terkait ketegangan tersebut, Cai melihat kini dunia dapat mengetahui konfrontasi antara Tiongkok dan Amerika Serikat. “Dia (Xi Jinping) telah menjadikan dunia sebagai musuh. Semua masalah besar ini diserahkan padanya untuk diputuskan. Apakah itu masalah domestik atau internasional,” ujarnya seperti dilansir dari LiveMint, Jumat (21/8).

Ketika ditanya mengapa Xi menjadi musuh dunia, Cai menilai ada beberapa faktor. Di antaranya adalah Xi ingin mengkonsolidasikan posisi dan otoritasnya sendiri.

Komentar

Loading...