Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 Sulsel Capai 73 Persen

ILUSTRASI. Untuk mengobati pasien Covid-19, tenaga medis menggunakan beberapa kombinasi obat sesuai dengan pengobatan standar kasus ringan, sedang, dan berat. (ANTONOV/AFP)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tim ahli data dan epidemologi gugus tugas covid Sulsel, Prof Ridwan Aminuddin mengatakan program trisula dinilai mampu menekan laju penyebaran Covid-19.

Diketahui program trisula yang dimaksud yakni massifnya testing, tracing dan edukasi ke masyarakat terkait protokol kesehatan.

Prof Ridwan mengaku dalam program trisula terdapat pula program duta Covid yang dianggap memberikan angka kesembuhan secara signifikan kepada pasien dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) dan Orang Dalam Pengawasan (ODP).

Sejalan dengan beberapa program lainnya, ia menjelaskan angka reproduktif efektif Sulsel yang mencapai di bawah 1, juga didukung oleh semakin meningkatnya layanan baik duta wisata covid, agresif testing, kualitas layanan rumah sakit. Secara umum program-progtam tersebut meningkatkan angka kesembuhan.

“Angka kesembuhan sekarang sudah dikisaran 73 persen, ini menggambarkan kualitas layanan sangat baik,” beber Prof Ridwan Aminuddin.

Sementara, angka kematian juga sangat rendah yakni di angka 3.1 persen. Angka ini lebih rendah dari standar nasional. Kata Ridwan, hal ini menggambarkan bahwa akumuluasi seluruh upaya dalam trisula pelan-pelan memberikan dampak kepada pengendalian kurva dan penekanan kurva secara keseluruhan.

“Akumulasi semua intervensi itu memberikan penekanan terhadap kurva baik edukasi, testing, trasing, dan isolasi semua memberikan efek secara bersama-sama,” jelasnya.

Catatan penting yang perlu diperhatikan kata guru besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas ini ialah mengintensifkan pencarian kasus. Delapan lab yang beroperasi ditambah 2 mobile PCR harus dimaksimalkan, yakni melakukan pemeriksaan hingga 1500 sampel per harinya.

Komentar

Loading...