Bangkitkan UMKM Sektor Pariwisata, Bank Bukopin Ikut Serta dalam Penyaluran KUR

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO ID, MAKASSAR — Bank Bukopin turut berpartisipasi dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Bertempat di Desa Budaya Kertalangu, Bali, Sabtu, 22 Agustus 2020.

Kegiatan yang bertajuk Penyaluran KUR di sektor UMKM ini diikuti oleh 10 bank ternama yang ditunjuk oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Termasuk di dalamnya Bank Bukopin. Turut dihadiri dan dibuka oleh Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, serta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan.

Kegiatan ini diselenggrakan sebagai bagian dari upaya Pemerintah dalam memperkuat dan mengembangkan pelaku UMKM sektor Pariwisata melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

KUR merupakan kredit/pembiayaan modal kerja dan/atau investasi kepada debitur individu/perseorangan, badan usaha dan/atau kelompok usaha yang produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum memadai. Pelaku UMKM dan Koperasi yang diharapkan dapat mengakses KUR adalah yang bergerak di sektor usaha produktif, salah satunya Pariwisata.

Seperti diketahui, pandemik Covid-19 yang melanda lebih dari 4 bulan telah berdampak langsung pada industri pariwisata. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) serta penerapan phsycal distancing dalam pelaksanaan The New Normal telah membuat industri pariwisata menjadi sektorr yang terdampak langsung. Hal ini tentu saja membuat pelaku UKM pariwisata terpukul.

Oleh karena itu, untuk menstimulus UKM pariwisata, KUR diharapkan menjadi pemancing bagi bergeraknya Kembali industry yang juga menjadi andalan Indonesia.

Komentar

Loading...