Deteksi Dini Gangguan Kamtib, Kanwil Sulbar Sidak di Rutan Mamuju

Suasana penggeledahan di Rutan Mamuju.

FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Inspeksi mendadak (sidak) dilaksanakan di Rutan Mamuju, Sabtu malam (22/8/2020).

Sidak itu dipimpin oleh Kabid Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Basan Baran dan Keamanan Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulbar, Idam Wahju Kuntjoro, didampingi Karutan Mamuju I Gusti Lanang beserta jajaran,

Mengawali kegiatan pada pukul 20.00 WITA, para petugas penggeledahan melaksanakan apel dan berdoa.

Karutan mengimbau kepada petugas untuk melaksanakan penggeledahan sesuai dengan prosedur, mengutamakan ketelitian dan sopan santun, serta ramah terhadap warga binaan pemasyarakatan.

Sidak kali ini dibagi menjadi dua kelompok, dan disebar ke beberapa blok Narapidana dan Tahanan. Penggeledahan secara bertahap pun dilakukan dari blok ke blok. Aksi ini dilaksanakan sebagai upaya terpadu Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Rutan Mamuju.

“Mari bersinergi bersama-sama dalam melaksanakan Deteksi Dini Gangguan Kamtib di Rutan Mamuju. Mengingat hal ini sudah menjadi tugas pokok dan fungsi dari Petugas Pemasyarakatan, yaitu menjaga keamanan dan ketertiban lapas/rutan. Dan menanamkan kepatuhan terhadap peraturan/tata tertib yang berlaku adalah salah satu upaya pembinaan bagi warga binaan pemasyarakatan,” tutur Idam kepada peserta apel.

Penggeledahan dilaksanakan untuk meminimalisir adanya barang-barang seperti handphone, narkoba, benda tajam, dan barang terlarang lainnya.

“Bagi warga binaan yang kedapatan membawa atau menyimpan barang terlarang, petugas tak segan memberikan sanksi,” kata Gusti.

Komentar

Loading...