Kebakaran Marak, Damkar Ungkap Penyebabnya


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Peristiwa kebakaran marak terjadi belakangan ini. Baik gedung bertingkat maupun pemukiman padat penduduk tak luput dari kobaran si jago merah.

Kepala Bidang Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Hasanuddin menjelaskan, rentetan kebakaran yang terjadi diakibatkan faktor cuaca. Di mana cuaca khususnya di Kota Makassar mencapai suhu di atas 37 derajat celcius.

“Saya kira ini kita sudah memasuki musim kemarau. Dihimbau kepada warga untuk tetap waspada karena bahan yang mudah terbakar pada kering,” ujarnya, Minggu (23/8/2020).

Lanjut Hasanuddin, bahan yang kering tersebut bisa memicu kebakaran. Bahkan dengan percikan api kecil sekalipun. Sebisa mungkin masyarakat memisahkan bahan yang mudah terbakar dari sumber api.

“Termasuk semua tumpukan sampah semua pada kering. Termasuk puntung rokok yang disentil itu bisa menyebabkan api yang besar,” paparnya.

“Contohnya saja ini kayak ini kebakaran alang-alang yang hampir tiap hari kita padamkan,” sambungnya.

Sementara, kata Hasanuddin, pemicu kebakaran paling banyak diakibatkan oleh adanya hubungan arus pendek. Di mana kabel yang digunakan tidak sesuai dengan standar. Sehingga tidak mampu menahan beban yang mengalir.

“Untuk sementara arus pendek. Terutama diinstalasi yang ada di atas plafon itu mudah sekali terbakar. Begitu arus kuat mengalir tidak didukung dengan kabel yang memadai tidak mampu menampung arus yang besar ini. Akhirnya kabel panas kena bahan yang mudah terbakar seperti balok dan papan triplek,” tuturnya.

Komentar

Loading...