Nicolas Maduro Berniat Pasok Rudal Iran ke Benua Amerika

Rudal-rudal buatan Pengawal Revolusi Islam Iran-- iranian

FAJAR.CO.ID, CARACAS – Rudal buatan Republik Islam Iran kemungkinan bakal masuk ke benua Amerika dalam waktu dekat. Pasalnya, Venezuela dikabarkan tertarik membeli senjata jarak jauh tersebut.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro pada Sabtu (22/8) mengatakan akan menjadi ide bagus bagi negaranya untuk membeli rudal dari Iran.Pernyataan itu muncul sehari setelah Kolombia menyebutkan Venezuela sedang mempertimbangkan rencana demikian di tengah jalinan hubungan yang meningkat antara Caracas dan Teheran.

Maduro pun menginstruksikan Menteri Pertahanan Vladimir Padrino agar menindaklanjuti kemungkinan itu dan, sambil bergurau, meminta kabinet agar merahasiakan rencana tersebut.

“Padrino, ide yang bagus, untuk berbicara dengan Iran untuk melihat senjata rudal jarak jauh, menengah dan jarak dekat apa yang mereka miliki, jika hal itu mungkin, mengingat hubungan yang luar biasa kita dengan Iran,” ujar dia.

Presiden Kolombia Ivan Duque pada Kamis (20/8), menyebutkan bahwa Maduro sedang mempertimbangkan pembelian rudal Iran dan menyerahkan senjata buatan Rusia dan Belarus kepada kelompok bersenjata Kolombia.

Pembelian senjata tampaknya menjadi hal yang mustahil bagi Maduro, yang pemerintahannya sedang berjuang untuk membeli makanan pokok dan obat-obatan atau menyediakan BBM bagi rakyat akibat sanksi serta disfungsi kronis kilang minyak milik mereka.

Pada Mei, Iran memasok bensin ke Venezuela untuk meringankan krisis akut bahan bakar. Tindakan itu jelas saja memicu kegusaran Amerika Serikat yang tengah menghukum kedua negara tersebut. (ant/jpnn/fajar)

Komentar

Loading...