Protokol Rapat Tatap Muka, dr Reisa: Hindari Penyediaan Makanan dan Minuman

ILUSTRASI. (int)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Anggota tim komunikasi Satgas Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro, menekankan potensi penularan Covid-19 di perkantoran cukup besar jika tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan yang benar.

Dalam pemaparannya yang dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (23/8/2020), Reisa mengingatkan protap saat rapat tatap muka di kantor.

“Dalam rapat di kantor wajib memperhatikan hal-hal terutama saat menggelar rapat dalam ruangan yang benar-benar bisa menjamin untuk jaga jarak. Pastikan pula peserta rapat dalam kondisi sehat,” ujar dr Reisa.

Reisa mengingatkan, sebelum masuk ke ruang rapat, peserta wajib melaksanakan prosedur standar dalam Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Seperti mencuci tangan dan menggunakan masker.

“Di masa pandemi ini hindari pula kebiasaan menyediakan makanan dan minuman saat rapat. Konsumsi makanan dan minuman akan membuat seseorang melepas maskernya. Padahal masker wajib digunakan setiap saat ketika pertemuan tertutup berlangsung,” tegas Reisa.

Jangan diabaikan juga untuk mengecek ventilasi dan sirkulasi udara di ruangan. Pastikan ketika menggunakan kipas angin atau pendingin ruangan tidak mengarah ke peserta rapat.

“Pelaksanaan rapat sebaiknya dilakukan dalam waktu singkat, maksimal 30 menit. Jika memerlukan waktu yang lama agar dibagi fasenya dan diberi jarak, agar ruang rapat bisa disterilkan kembali,” imbaunya.

Reisa pun memberi usul, jika alternatif rapat virtual lebih baik diterapkan jika memang tidak terlalu mendesak untuk tatap muka.

Komentar

Loading...