Tim Pengabdian Unhas Adakan Pelatihan di Kabupaten Wajo


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim dosen dari Universitas Hasanuddin menggelar Program Pengabdian kepada Masyarakat Unhas-Program Kemitraan-Masyarakat (PPMU-PK-M) di SMK Negeri 1 Wajo.

Kegiatan Pengabdian yang diketuai Prof Arifin mengambil tema “Pembuatan Papan Iklan Dot Matrix Berbasis Mikrokontroler untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa SMK Negeri 1 Wajo “.

Kegiatan yang dimulai pada jam 9.00 WITA, dibuka langsung oleh Kepala SMK Negeri 1 Wajo Ramli, dilanjutkan dengan ceramah ilmiah dari masing-masing dosen.

Materi pertama dibawakan oleh Prof. Arifin. Kaprodi Departemen Fisika Unhas ini menjelaskan tentang maksud dari kegiatan pengadian ini. Dilanjutkan materi dari Prof. Dahlang Tahir, dengan materi Fisika Material dan Energi.

Pemateri selanjutnya drg. Nurlindah Hamrun, Dosen FKG Unhas ini mnegambil topik Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan di Usia Muda. Materi terkahir tentang Teknologi Opto-Elektronika oleh Prof Syamsir Dewang.

“Dua materi penyuluhan dari Prof. Dahlang Tahir dan Prof Syamsir Dewang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom”, kata Prof. Arifin, Sabtu (22/8/2020).

Lebih lanjut Prof Arifin menjelaskan, pembuatan papan iklan dot matrix berbasis mikrokontroler Arduino terdiri dari beberapa modul, di antaranya Modul-1 berupa Simulasi Mikrokontroler dengan Proteus, Modul-2 berupa Rangkaian Led Dengan Pengendali Arduino Uno, Modul-3 berupa Pengendalian LCD Berbasis Arduino Uno dan Modul-4 berupa Running Text Berbasis Smartphone Android.

Komentar

Loading...