Analisis Prof Salim Said soal Jokowi dan PKI

Prof Salim Said saat diskusi virtual. Foto tangkapan layar di YouTube/mesya

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Guru Besar Ilmu Politik Universitas Pertahanan Prof Salim Said mengungkapkan, sampai saat ini publik masih menganggap Presiden Joko Widodo melindungi PKI.

Banyak juga yang menuduh Jokowi sebagai keturunan dari PKI. Tuduhan itu, kata Salim, lantaran Jokowi diusung oleh PDIP. Di PDIP, ada penulis buku Aku Bangga jadi Anak PKI dan mengaku ada banyak anak PKI di PDIP.

Orang-orang lantas menghubungkan Jokowi dengan menyebutkan dia melindungi PKI. Kemudian dihubungkan dengan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Dan itu menurut Salim sangat merugikan Jokowi.

Sebagai pengamat politik sekaligus ilmuwan sosial, lanjutnya, dia mencoba menganalisis keterkaitan Jokowi dengan PKI.

“Saya tidak terlalu percaya Jokowi itu komunis. Dia berada dalam posisi sulit saja karena yang mendukung dia adalah PDIP,” tegasnya dalam kanal Hersubeno di YouTube.

Sementara, lanjut Salim, ideologi PDIP adalah kelanjutan dari ideologi Bung Karno, nasakom (nasional komunis). Bahkan Bung Karno sampai meninggal tidak mengutuk PKI dan meninggalkan nasakom.

“Dan, menurut saya ideologi nasakom itu tampaknya dipertahankan PDIP,” ucapnya.

Itu sebabnya, kata Salim, PDIP tidak terganggu dengan pernyataan Ribka Tjiptaning bahwa dia anak PKI. Karena itu tidak bertentangan dengan ideologi Bung Karno.

Bung Karno tidak pernah membubarkan nasakom dan itu dilanjutkan oleh PDIP di bawah pimpinan Megawati Soekarnoputri.

Komentar

Loading...