Bahaya Politik Uang, Pemberi dan Penerima Bisa Didenda hingga Rp1 Miliar

Senin, 24 Agustus 2020 14:52

Sosialisasi pengawasan partisipatif bersama media dalam rangka pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar tahun 20...

Akan tetapi hal tersebut tetap ada batasannya. Seperti anggaran makan minum tidak boleh melebihi 30 ribu, bahan kampanye tidak boleh lebih 60 ribu. Hadiah lainnya, tidak boleh lebih dari 1 juta kalau diakumulasi.

“Misalnya ada pertandingan domino juara 1 Rp500 ribu, juara dua Rp300 ribu, juara tiga Rp200 ribu. Harus begitu hitung hitungannya. Bukan 1 juta pertama kemudian 500 ribu kedua, lebih kalau begitu hitungannya,” tuturnya.

Maka dari itu, Bawaslu Kota Makassar terus melakukan sosialisasi menjelang pemilu serentak yang kurang dari empat bulan lagi. Dengan memaksimalkan ikon Bawaslu maupun sosialisasi langsung hingga ke tingkat kecamatan.

“Makanya kita sosialisasikan berupa spanduk untuk menolak politik uang, jadi setiap ada ikon Bawaslu Kota pasti kita sisipkan bahaya politik uang termasuk kita sudah sosialisasikan di tingkat kecamatan, bahayanya politik uang, bukan hanya pemberi, namun penerima pun kena,”pungkasnya. (ikbal/fajar)

Komentar