Dinas Sosial Makassar Gagas Lingkungan Pondok Sosial untuk Menampung Anjal dan Gepeng

Kepala Dissos Mukhtar Tahir

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Dinas Sosial kota Makassar tengah menyiapkan terobosan untuk menampung anak jalanan, terlantar, gelandangan dan pengemis di satu tempat guna pemberdayaan dan pembinaan.

Adalah Lingkungan Pondok Sosial (Liposos) diyakini Kepala Dissos Mukhtar Tahir untuk mengatasi berbagai fenomena sosial yang menjadi persoalan perkotaan.

Mukhtar mengatakan, semua pihak yang diciduk, baik Anjal maupun Gepeng, akan langsung dibina ke Liposos. Kemudian mereka akan dibina dan dididik untuk menjadi lebih produktif.

“Jadi Liposos ini tempat untuk orang-orang yang kita ambil di jalan. Kita akan jadikan narasumber terkait masalah mereka. Setelah itu, baru kita bina dan kita didik,” ujar Mukhtar, Minggu (23/8/2020).

Mukhtar menyampaikan lahan untuk tempat penampungan dibutuhkan seluas 3 hektare. Liposos ini bakal dijadikan sebagai miniatur kota Makassar yang nyaman, asri serta mengandung unsur edukasi.

Di dalam area tersebut, rencananya bakal dibangun taman, tempat wisata, tempat pembinaan kreatif, dan berbagai hal lain yang dibutuhkan dalam proses pembinaan.

“Cuma satu titik saja. Luasnya sekitar 3 hektar,” jelas Mukhtar.

Sejatinya, lokasi Liposos sudah ada, di Kampung Nelayan, kelurahan Untia. Hanya saja sempat tidak difungsikan setelah pergantian kepala Dinas.

“Tahun ini diusulkan kembali, mengingat banyaknya Anjal dan Gepeng yang muncul dan mengurangi estetika kota. Sehingga pembinaan akan kembali dijalankan,” ungkapnya

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...