Modernisasi Kontruksi RPH Tamangapa, Pemprov Sulsel Habiskan Anggaran 8,5 Milliar APBD

Rapat pembangunan RPH Tamangapa.

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Untuk merealisasikan modernisasi kontruksi Rumah Potong Hewan (RPH) Tamangapa, Pemerintah Provinsi Sulsel menyiapkan anggaran 8,5 milliar.

Modernisasi RPH Tamangapa dilakukan guna meningkatkan kualitas daging hasil pemotongan. Diharapkan, tempat pemotongan akan steril dan lebih higenis lantaran tidak bercampur dengan kotoran atau isi perut sapi.

Selain itu, setelah dimodernisasi, kapasitas potong ternak bisa ditingkatkan hingga 70 ekor sampai 100 hewan permalamnya.

“Perlu kami sampaikan bahwa pada pembangunan RPH ini sifatnya multiar 3 tahun mulai tahun ini 2020 dengan Anggaran kurang lebih 8,5” ucap Kepala Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Susel, Abdul Azis di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan.

“Untuk anggaran APBN seharusnya 3,5 tapi karena Covid-19, kita pakai 1,5,” tambahnya usai rapat bersama Wagub Sulsel, Senin (24/8/2020).

Azis menuturkan Pemprov Sulsel dan Pemerintah Kota Makassar juga melakukan kerja sama untuk meningkatkan sumber daya manusia.

“Yang ada karena jagal-jagal itu kita akan latih bagaimana sistem pemotongan yang sesuai dengan yang higienis dan bersertifikat halal , jadi kami melibatkan, termasuk MUI nantinya untuk kita libatkan pelatihan jagal-jagal,”ujarnya.

Abdul Azis mengaku Pembangunan RPH ini adalah kerja sama antara dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kota.

Sementara, Wakil Gubernur Sulsel Wagub Sulsel berharap untuk pembangunan tahap kedua pada 2021 dapat lebih dikomplitkan.

Komentar

Loading...