Kiai Kultural NU Jawa Timur Berharap Besar Rizal Ramli untuk Negara, Ini Alasannya

Para Kiai Kultural NU ketika menggelar diskusi dengan Rizal Ramli secara daring. Foto: tangkapan layar diskusi daring

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kiai kultural Nahdlatul Ulama (NU) asal Jawa Timur yang dipimpin KH Agus Solachul Aam Wahib Wahab atau Gus Aam, meminta mantan Menko Ekuin Rizal Ramli, untuk turun tangan memulihkan krisis ekonomi Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19.

Permintaan itu disampaikan para kiai dalam acara webinar “Ngopi RR Edisi Keempat Membangkitkan Ekonomi Pesantren di Tengah Pandemi Corona, Keniscayaan atau Ilusi?” Senin (24/8) kemarin.

Menurut Gus Aam, Rizal Ramli sosok yang mumpuni mengurusi sektor ekonomi.

Rizal memiliki pengalaman membawa perekonomian Indonesia bangkit akibat krisis moneter 20 tahun silam. Kala itu, kata Gus Aam, pertumbuhan ekonomi terkontraksi minus tiga persen.

Setelah dipercaya pemerintah saat itu, Rizal pun membawa angka pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 4 persen.

“Pak Rizal Ramli punya pengalaman 20 tahun lalu. Saat itu ekonomi terpuruk imbas krisis moneter. Namun, kondisi saat itu berhasil diatasi oleh beliau,” ucap Gus Aam dalam diskusi virtual.

Selain itu, Gus Aam menilai, Rizal Ramli sebagai figur yang cerdas dan berani. Kriteria itu yang dibutuhkan untuk membawa bangsa ini menuju adil dan makmur.

Gus Aam mencontohkan, ide cemerlang RR menyatukan seluruh bank syariah milik pemerintah agar asetnya bisa bertambah besar sehingga bisa bersaing dengan bank umum milik swasta.

Komentar

Loading...