Legislator PKB: Program Dilan Jaminan Peningkatan Kualitas Kesehatan Warga

Anggota DPRD Sulsel dari Fraksi PKB, Hengki Yasin.

Fajar.co.id, Makassar — Layanan kesehatan masih menjadi problematika klasik di Kota Makasar. Masih kerap dijumpai adanya warga yang sakit dan tidak terlayani. Tidak sedikit pula yang mengeluh sulitnya mengakses fasilitas kesehatan. Terkadang harus dirujuk kiri dan kanan dengan dalih keterbatasan ruang perawatan atau tidak memadainya sarana dan prasarana kesehatan. 

Merespons fenomena tersebut, Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal-Fadli Ananda (Dilan), menginisiasi program jaminan kesehatan terpadu berbasis digital melayani alias Jaket Dilan dan program satu dokter satu RW atau Si Dora. Dua program ini dapat menjadi solusi atas problematika kesehatan di ibu kota provinsi Sulsel. 

Tidak berhenti sampai di situ, Dilan juga siap menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dalam meningkatkan layanan kesehatan. Pelibatan IDI tidak sekadar sharing atau meminta saran dan pendapat, tapi juga akan dilibatkan dalam perencanaan program di bidang kesehatan. 

Anggota DPRD Sulsel dari Fraksi PKB, Hengki Yasin, mengapresiasi program Dilan yang bermuara pada peningkatan layanan kesehatan. Program tersebut juga menunjukkan kepedulian sekaligus bukti bahwa pasangan doktor dan dokter ini paham betul, apa yang menjadi persoalan kesehatan di Kota Makassar. Ia pun yakin Jaket Dilan maupun Si Dora dapat direalisasikan. 

“Program ini realistis, tidak muluk-muluk tapi menyentuh akar permasalahan layanan kesehatan. Saya yakin Dilan bisa meralisasikannya, apalagi ada Fadli Ananda yang latar belakangnya dokter. Ia paham betul apa yang jadi permasalahan di bidang kesehatan dan bagaimana solusinya,” ujar Hengki, Senin (24/8/2020).

KONTEN BERSPONSOR

Komentar