Luhut Pandjaitan Kebal Reshuffle, Rocky Gerung: Dia Itu Menteri Segala Soal

Luhut B Panjaitan dan Rocky Gerung

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Nama Luhut Binsar Pandjaitan dalam beberapa tahun terakhir selalu menghiasi jajaran kabinet menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Purnawirawan jenderal TNI ini silih berganti mengisi beberapa pos menteri. Mulai dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia (2016-2019, 2019-sekarang), Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (2015-2016) dan Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia (2014-2015).

Pengamat politik Rocky Gerung menilai Luhut Binsar Pandjaitan begitu istimewa bagi Presiden Jokowi. Ia menganggap Luhut punya kekuatan sehingga selalu aman dari reshuffle Kabinet Indonesia Maju.

Isu reshuffle kabinet simpang-siur digemborkan, terlebih ketika Presiden Jokowi marah ke para menterinya yang lamban dalam penanganan pandemi pada Juni 2020 lalu. Namun menurut Rocky, Presiden masih dilema soal perombakan komposisi menteri dalam kabinetnya.

“Presiden tahu trust-nya berkurang (dengan batal reshuffle) tapi ya udah mending distrust berkurang daripada reshuffle tapi terjadi momentum politik bukan semacam reshuffle tapi terjadi perubahan politik,” kata Rocky Gerung di tayangan YouTube Rokcy Gerung, Senin (24/8/2020).

Pun jika Jokowi melakukan reshuffle, lanjut Rocky, nama Luhut akan tetap aman karena saling mengetahui kepentingan masing-masing.

Rocky menganggap demikian karena Luhut adalah menteri yang datang bukan dari partai politik, namun posisinya selalu lolos dari reshuffle.

“Pak Luhut kan dari awal punya kimia khusus dengan Pak Jokowi, karena saling tahu mentalnya dan saling tahu kepentingan. Di dalam bukti catatan pers tidak pernah ada nama luhut disebutkan untuk di-reshuffle,” kata Rocky.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...