Menurut Rudy, Kebiasaan Ini Bisa Picu Kebakaran

Rudy Djamaluddin

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Makanya kebakaran yang melanda Kota Makassar mendapat perhatian Pj Wali Kota, Rudy Djamaluddin. Ia menilai, ada kebiasaan buruk sebagian masyarakat yang bisa memicu kebakaran.

Rudy mengungkapkan, kebiasaan masyarakat yang kerap kali menyambung langsung kabel listrik bisa berbahaya bagi instalasi kedepan. Hal itu dianggap berbahaya sehingga bisa menimbulkan korsleting.

“Kadang ada warga kita yang mainkan kabel listrik. Sambung langsung itu kerap dilakukan padahal sangat membahayakan”ungkapnya, Selasa (25/8/2020).

Untuk itu, ia berpesan agar masyarakat dapat lebih berhati-hati dan memikirkan segala resiko dari apa yang akan di perbuat. Apalagi saat ini telah memasuki musim kemarau. Di mana bahan-bahan menjadi kering dan mudah dilalap api.

“Rata-rata akibat kebakaran itu karena adanya sambungan arus listrik. Ini harusnya menjadi peringatan agar tidakmelakukan sesuatu yang bisa menimbulkan resiko yang besar” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Hasanuddin menjelaskan, rentetan kebakaran yang terjadi diakibatkan faktor cuaca. Di mana cuaca khususnya di Kota Makassar mencapai suhu di atas 35 derajat celcius.

“Saya kira ini kita sudah memasuki musim kemarau. Dihimbau kepada warga untuk tetap waspada karena bahan yang mudah terbakar pada kering,” ujarnya, Minggu (23/8/2020).

Lanjut Hasanuddin, bahan yang kering tersebut bisa memicu kebakaran. Bahkan dengan percikan api kecil sekalipun. Sebisa mungkin masyarakat memisahkan bahan yang mudah terbakar dari sumber api.

Komentar

Loading...