Soal Kepemimpinan,Survei Indikator : Emil Ungguli Anies dan Ganjar

Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat (ISTIMEWA)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dinilai menjadi kepala daerah yang paling berhasil mengomunikasikan penangangan Covid-19 kepada masyarakat versi survei Lembaga Indikator Politik.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu pun dinilai unggul atas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dalam penanganan virus Korona.

Menurut Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi, survei dilakukan dengan mewawancarai 304 pemuka opini dalam kategori akademisi, media massa, LSM, dan elite usaha yang tersebar di 20 kota di seluruh Indonesia.

Survei dilakukan selama Juli 2020 serta tidak memiliki kerangka sampel responden. Survei ini juga hanya mewakili suara dari 304 responden tersebut.

”Hasil survei menyebut pemerintah daerah dianggap lebih komunikatif ke masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Ridwan Kamil mendapat urutan pertama sebagai kepala daerah yang dinilai komunikatif kepada warga dengan skor 73,4 kemudian diikuti Ganjar dengan skor 73,2 kemudian Anies dengan skor 72,1,” papar Burhanuddin saat merilis hasil survei melalui diskusi daring bertema ‘Efek Kepemimpinan dan Kelembagaan dalam Penanganan Covid-19’ pada Kamis (20/8/2020).

Menurut Burhanuddin, ketiga nama gubernur itu juga mendapat poin tertinggi terkait koordinasi selama bekerja menangani pandemi Korona. Dalam kategori ini, Kang Emil berada di posisi pertama dengan skor 72,4 diikuti Ganjar dengan skor 71,9 serta Anies dengan skor 71,6.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...